ASRS Racking, Investasi Optimal dengan Sistem Automation

racking, ASRS racking, otomatisasi, warehouse, pergudangan, solusi, kawan lama sejahtera

ASRS Racking, Investasi Optimal dengan Sistem Automation


Perkembangan dunia industri 4.0, mendorong pelaku industri untuk berinvestasi lewat sistem otomatisasi dan kecerdasan buatan, serta pengendalian pekerjaan secara “remote”. Hasil yang diharapkan dari pemanfaatan kemajuan teknologi tersebut yaitu peningkatan hasil produksi dengan penggunaan sumber daya manusia, peralatan dan waktu yang lebih optimal dan efisien sehinggga dapat menekan biaya operasional. Latar belakang ini mendorong salah satu customer Kawan Lama di bidang Oleo Chemical yang terletak di area Sumatera melakukan invetasi dalam bentuk ASRS (Automated Storage Retrieval System) racking.


Berawal dari dorongan untuk melakukan peningkatan kapasitas produksi, pihak customer membutuhkan penambahan jumlah racking sebagai sarana penyimpanan barang hasil produksi. Namun, hal ini tentunya wajib diimbangi dengan penambahan alat dan tenaga kerja untuk menjaga ritme produksi berjalan dengan baik.

Penambahan alat dan tenaga kerja tidak semata mata menyelesaikan masalah untuk mengimbangi kapasitas produksi yang bertambah, karena akan membuat biaya operasional membengkak. Belum lagi dengan bertambahnya area penyimpanan barang, diperlukan penambahan tenaga kerja untuk melakukan pendataan yang dilakukan secara manual. Hal ini tentu memungkinkan terjadinya kesalahan, karena bergantung pada tenaga manusia.


Apa Itu ASRS Racking?


ASRS Racking adalah sebuah sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis yang beroperasi secara penuh tanpa melibatkan pekerja manusia dalam proses penyimpanan dan pengambilan stok barang. Automatic Storage and Retrieval Storage adalah jenis fasilitas pergudangan yang baru dan sesuai dengan permintaan perkembangan ekonomi dalam era industri 4.0 saat ini.

Racking vertikal tinggi adalah struktur utama yang mendukung penyimpanan vertikal dalam AS/RS, dan kinerjanya memiliki dampak langsung terhadap operasi seluruh gudang serta peralatan terkait.


Baca Juga: Bagaimana Mengelola Manajemen Pergudangan yang Transparan dengan WMS?


Apa Saja Tujuan Menggunakan ASRS Racking Systems?

Terdapat beberapa tujuan dari menggunakan ASRS racking systems dalam sistem penyimpanan dan pengambilan barang di gudang Anda. Berikut adalah beberapa diantaranya:


  • Maksimalkan penggunaan ruang penyimpanan yang tersedia dalam struktur yang sudah ada dan menghindari perluasan dan penyimpanan di luar lokasi.
  • Mengurangi luas lahan bangunan secara keseluruhan sampai 50% dibandingkan dengan gudang konvensional.
  • Menurunkan biaya energi sampai 40% dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.
  • Mengurangi biaya tenaga kerja dan biaya produksi.
  • Meningkatkan akurasi pada inventaris dan pelayanan pelanggan.
  • Mengurangi lalu lintas dan biaya terkait truk barang.
  • Dirancang berdasarkan kebutuhan bisnis.
  • Dapat diintegrasikan dengan fasilitas yang sudah ada.
  • Optimalisasi kapasitas gudang.
  • Handal, nirkabel, dan hanya memerlukan pemeliharaan yang minim.
  • Meningkatkan kapasitas penyimpanan, sambil mengurangi kebutuhan tenaga kerja.
  • Menyediakan solusi penyimpanan yang lebih andal daripada sistem penyimpanan lainnya.


Bagaimana Proses ASRS Racking?

Beberapa faktor di atas mendorong pihak Tim Solusi Kawan Lama Sejahtera (KLS) menawarkan sistem ASRS racking yang dapat menampung hingga ±19.000 palet dan dapat bekerja secara fully automatic untuk keperluan memasukkan, mengeluarkan dan pendataan barang di dalam racking. Keseluruhan tugas tersebut dijalankan oleh beberapa beberapa komponen yang terdiri atas conveyor, lifter dan shuttle.

Conveyor berfungsi sebagai media yang dapat bergerak otomatis untuk membawa barang masuk dan keluar dari racking. Juga terdapat lifter yang berfungsi untuk membawa barang menuju lokasi dengan beda elevasi/ketinggian, bisa menaikkan atau menurunkan. Juga terdapat shuttle yang berfungsi untuk mengeluarkan atau memasukkan barang ke titik yang dituju, serta menyimpan ataupun mengeluarkan barang. Keseluruhan perangkat tersebut dikoordinir menggunakan perangkat lunak yang disebut dengan Warehouse Management System (WMS) dan Warehouse Control System (WCS).


Baca juga: Shuttle Racking, Solusi Optimal untuk Efisiensi Penyimpanan Barang, Penggunaan Waktu, dan SDM


Pada pelaksanaannya, operator ruang kontrol hanya perlu memilih menu untuk keperluan Inbound (pemasukan barang) dan operator lapangan melakukan scan barcode yang ditempel pada palet sebagai bentuk identitas untuk input data ke dalam sistem.

Selanjutnya operator forklift membawa barang ke inbound conveyor untuk dimasukkan ke dalam racking maka barang akan bergerak secara otomatis menuju tempat penyimpanan. Sistem ini dikendalikan oleh Warehouse Management System (WMS) yang berbasis Artificial Intelligent (AI) dan dijalankan oleh beberapa komponen antara lain lifter, shuttle, dan conveyor yang bekerja secara berkesinambungan.

Untuk keperluan pendataan, seluruh barang yang sudah di-scan akan ter-input secara otomatis di sistem dan ini menjadi dasar untuk melakukan pendataan. Hal yang sama berlaku untuk proses mengeluarkan barang, di mana operator ruang kontrol memilih menu untuk outbound (pengeluaran barang) dan memilih barang mana yang akan dikeluarkan. Selanjutnya, pekerjaan outbound akan dijalankan oleh beberapa komponen, yaitu shuttle, lifter dan conveyor.

Pemanfaatan sistem ASRS racking ini mampu meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya manusia dan peralatan secara efisien dan optimal. Ditambah kemampuan pendataan barang yang akurat membuat ASRS racking memiliki kinerja yang paling baik jika dibandingkan dengan jenis racking lainnya. Berbagai kebutuhan customer seperti pemanfaatan sumber daya manusia dan alat yang optimal, pendataan barang secara akurat serta kecepatan dan ketepatan pemasukan/pengeluaran barang yang lebih cepat jika dibandingkan dengan racking konvensional/semi automation, dapat terpenuhi dengan baik.


Baca Juga: GUT Pallet Racking, Solusi Andalan untuk Warehouse Anda!


Instalasi ASRS racking dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 lalu, dan berhasil diselesaikan pada bulan September tahun 2021 lalu. Setelah instalasi selesai dilaksanakan, pihak customer merasa puas dengan ASRS racking yang dibuktikan melalui pengakuan project head customer, “Lebih efisien dan lebih akurat dan dari segi kecepatan juga semua lebih bagus.”

Apabila Anda memiliki permsalahan bisnis dalam dunia industri, segera hubungi Tim Solusi Kawan Lama Sejahtera (KLS) Kawan Lama untuk menuntaskan masalah bisnis Anda.

Circle image

PT. Kawan Lama Sejahtera

PT. Kawan Lama Sejahtera adalah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia dengan jangkauan terluas untuk peralatan dan mesin industri. Telah berdiri lebih dari setengah abad dan beroperasi lebih dari 19 cabang di seluruh Indonesia, PT. Kawan Lama Sejahtera berkomitmen menyediakan solusi industri terbaik oleh tim sales engineer yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan industri.