02. October 2023 Kawan Lama Blog

Yuk, Intip Aktivitas Nilfisk Courses Program Bersama Mahasiswa Perhotelan Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara, Kawan Lama, Nilfisk, Cleaning, hospitality

Industri hospitality di Indonesia tengah menunjukkan pertumbuhan yang baik. Terbukti dengan meningkatnya hunian hotel serta aktivitas pariwisata. Melihat kondisi tersebut, kesempatan untuk bekerja di industri hospitality sangat besar di tahun mendatang. Oleh sebab itu, pentingnya para mahasiswa perhotelan untuk mempersiapkannya sejak dini.

Sadar akan pentingnya edukasi terkait industri hospitality, Nilfisk Experience Store Courses Program hadir untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan standar siswa perhotelan dengan memfasilitasi industri lewat edukasi agar dapat melahirkan SDM yang terampil untuk bekerja di perhotelan. Nilfisk Experience Store Courses Program merupakan bagian dari Nilfisk Experience Store. Universitas Multimedia Nusantara sebagai salah satu peserta courses program selama bulan September-Desember 2022 telah mengikuti serangkaian program pelatihan, dari tahap awal hingga akhir.

Sebanyak lebih dari 60 mahasiswa D3 Perhotelan Universitas Multimedia Nusantara mengikuti program kuliah di Nilfisk Experience Store, Mall Living World Alam Sutera sejak tanggal 7 September 2022. Di sini mereka diajarkan mengenai soft skill dan hard skill yang wajib dimiliki ketika masuk ke dunia kerja, terutama dalam hal cleaning, service and hospitality.

 

Baca juga: Perubahan Paradigma Kebersihan, Nilfisk Hadirkan Pengalaman Menarik di Nilfisk Experience Store

 

Tak tanggung-tanggung, Nilfisk Experience Store Program ini  menghadirkan para tenaga ahli, yaitu Ryan Wu (Regional Sales Manager Nilfisk), Budi Santosa (Head of Engineering PT Kawan Lama Sejahtera), dan Egidius Kellson (Technical Manager PT Kawan Lama Sejahtera). Hadir pula Joko Haryono (Anggota Bidang Pelatihan BPP Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) sebagai narasumber ahli dalam sesi Nilfisk Intermediate Knowledge bertema The Latest Conditions in the Hospitality World in Welcoming Normal Conditions and Optimizing Operations” yang diselenggarakan di UMN Tower, pada Jumat (2/12) lalu.

Kegiatan Nilfisk Courses Program di Nilfisk Experience Store

Dalam pemaparannya, Joko memberikan data tentang kondisi pariwisata terkini yang mulai menunjukkan angka yang positif. Senada dengan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 510.246 kunjungan pada Agustus 2022. Hal ini membuat peringkat wisata Indonesia kini berada di urutan 32, dari sebelumnya di 44. Capaian itu melampaui sejumlah negara tetangga, termasuk Thailand dan Malaysia. Dari fakta ini, akhirnya membuat semua kesempatan untuk dunia pariwisata sangat terbuka lebar.

“Sangat besar kesempatan untuk bekerja di industri hospitality di tahun mendatang, jadi dari sekarang kalian harus punya modalnya,” ujar Joko kepada puluhan mahasiswa perhotelan UMN, tegas.

Tak hanya dari sisi Sumber Daya Manusaia (SDM), ia pun menambahkan bahwa ada tiga kuncian yang harus dimiliki oleh industri perhotelan, di antaranya keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Oleh sebab itu untuk dapat mengakomodasi ketiganya, standar kebersihan dengan level yang lebih tinggi harus dikantongi oleh industri perhotelan, demi kelancaran dan kelayakan aktivitasnya setiap hari dalam hal melayani customer.

Universitas Multimedia Nusantara, Kawan Lama, Nilfisk, Cleaning, hospitality
Joko Haryono (Anggota Bidang Pelatihan BPP Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) memberikan arahan dan pembekalan tentang dunia pariwisata di Universitas Multimedia Nusantara

Untuk memberikan kebersihan yang optimal, tentunya harus didukung oleh pembersihan dengan cleaning equipment yang ideal, seperti penggunaan vacuum cleaner, high pressure cleaner, hingga robot autonomous scrubber dryer seperti Nilfisk Liberty SC50 yang merupakan mesin pembersih otomatis.

Namun, pengoperasian alat yang ideal juga harus didukung oleh SDM yang dapat mengoperasikan alat, seperti misalnya mengetahui alur kerja mesin, troubleshooting mesin, hingga SOP perawatan mesin untuk pembersihan yang optimal. Ya, semua itu langsung diajarkan di Nilfisk Experience Store Courses Program, lengkap dengan praktik kerja dengan mesin berteknologi terkini bersama para ahli.

“Saya jadi lebih banyak  kenal alat-alat yang bisa membantu kita untuk proses pembersihan, misalnya dengan vacuum auotonomous robot,” ungkap Juaneta, mahasiswi jurusan Perhotelan semester 3 Universitas Multimedia Nusantara.

Menurut Juaneta, lewat peralatan dengan teknologi yang dikendalikan oleh robot ia jadi lebih memahami bahwa ke depannya orang harus bisa kerja smart, bukan kerja keras.

Baca juga: Pertama di Dunia, Nilfisk Experience Store Hadir untuk Penuhi Kebutuhan Pelanggan Indonesia
Universitas Multimedia Nusantara, Kawan Lama, Nilfisk, Cleaning, hospitality
Mahasiswa jurusan perhotelan UMN bersama dengan Nilfisk Liberty SC50, Autonomous Scrubber Dryer

 

“Mungkin ke depannya kita bisa tahu, bahwa kerja nggak usah terlalu berat, karena ada robot yang akan membantu. Mungkin dari kita sebagai SDM, bisa upgrade kerja dari  robot itu. Pekerjaan manusia itu bisa lebih ringan kalau dibantu sama robot,” imbuhnya.

Dengan adanya autonomous robot, Ryan Wu selaku Regional Sales Manager Nilfisk mengungkapkan bahwa alat ini akan meningkatkan produktivitas dari operator, meningkatkan efektivitas penggunaan cleaning equipment, serta meminimalkan biaya operasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *